Selasa, 20 Januari 2015

5 Gunung Terangker di Indonesia



Berikut ini 5 gunung terangker yang ada di Indonesia

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi, 5 Gunung Terangker di Indonesia, Gunung Terangker di Indonesia

Masyarakat percaya, di sekitar gunung ditinggali oleh makhluk-makhluk halus. Dan puncak dari Gunung Merapi sendiri adalah Istana dari para makhluk halus.

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu, 5 Gunung Terangker di Indonesia, Gunung Terangker di Indonesia


Konon pendaki yang berkemah di puncak gunung, sering mendengar derap kaki kuda, dan melihat istana. Penduduk setempat percaya, bahwa Watu Gubug di Gunung Merbabu merupakan pintu gerbang menuju kerajaan gaib, dan Pasar Bubrah adalah pasarnya para makhluk halus.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru, 5 Gunung Terangker di Indonesia, Gunung Terangker di Indonesia


Di Ranu Kumbolo dekat dengan Gunung Semeru para pendaki sering melihat hantu wanita muncul di tengah danau. Ceritanya, pada tengah malam bulan purnama, di tengah danau Ranu Kumbolo, hantu wanita tersebut menampakan diri, saat awal berupa gumpalan kabut tebal, berputar-putar lalu berubah menjadi seorang wanita.

4. Gunung Agung

Gunung Agung, 5 Gunung Terangker di Indonesia, Gunung Terangker di Indonesia


Saat mendaki Gunung Agung para pendaki diingatkan untuk mematuhi pantangan-pantangan yang diberikan. Seperti, tidak membawa makanan yang mengandung daging sapi, meminta ijin ketika melewati tempat-tempat tertentu, tidak mengenakan pakaian berwarna merah atau hijau, dan larangan mendaki pada saat hari besar agama. Bagi wanita yang sedang haid dilarang untuk mendaki Gunung Agung

5. Gunung Salak

Gunung Salak, 5 Gunung Terangker di Indonesia, Gunung Terangker di Indonesia


Tragedi sukhoi superjet 100 di Gunung Salak, menambah bukti keangkeran Gunung Salak. Memang dari dulu dikenal sebagai lokasi penuh mitos dan legenda. Berikut ini beberapa misteri dari Gunung Salak :


   1. Mitos Prabu Siliwangi


Hal ini terkait dengan adanya mitos Prabu Siliwangi, raja Padjajaran yang sampai saat ini kuburannya pun belum diketahui letaknya. Konon, Prabu Siliwangi menghilang di Gunung Salak untuk menghindari kejaran Kian Santang. Prabu Siliwangi yang bersembunyi di belantara kemudian terkepung.
Tapi ajaibnya, sang Prabu bisa meloloskan diri dengan mengapung ke udara. Tempat menghilangnya Prabu Siliwangi tersebut kemudian dinamakan ‘pengapungan’ yang berlokasi tidak jauh dari Kawah Ratu.

  
  2. Kawah Ratu

Di kawahnya yang disebut “kawah ratu” masih terdapat sumber sulfur dan belerang baik berupa gas, uap ataupun kubangan yang panas dan mendidih. Kawah itu bisa dengan tiba-tiba mengeluarkan asap belerang yang meracuni paru-paru. Ada beberapa peristiwa di kawasan kawah ratu yang sampai menelan korban jiwa.
Karena kondisi tersebut, maka kawah Ratu juga dianggap sebagai lokasi yang keramat dan berbahaya oleh warga sekitar dan para pecinta alam.

    3. Banyak makam dan petilasan

Di kawasan Gunung Salak ini juga terdapat banyak makam para raja. Menurut juru kunci Gunung Salak, H.Marsa, setidaknya ada 40 makam kuno yang berusia ratusan tahun. Selain makam, ada juga petilasan suci yang banyak tersebar di berbagai titik, seperti petilasan Prabu Siliwangi yang berada di kaki Gunung Salak, Bogor dengan total mencapai lebih dari 91 lokasi.

Karena keramatnya lokasi tersebut, maka banyak warga yang meyakini bahwa tidak ada yang boleh melewati kawasan tersebut, terlebih dengan membawa rasa kesombongan atau keangkuhan.

    4. Cuaca yang sering berubah

Gunung Salak sendiri memiliki cuaca yang sering berubah-ubah di puncaknya. Terkadang saat matahari terik, tiba-tiba turun hujan disertai kabut. Hal inilah yang sering membahayakan para pendaki gunung Salak. Selain itu seringkali terjadi kabut tebal di puncak gunung secara mendadak yang tentunya akan mempengaruhi penerbangan. Alasan-alasan tersebut membuat pesawat komersil jarang melintas di atas gunung Salak. Biasanya yang melintas hanyalah helikopter atau pesawat militer.

   5. Lokasi pernikahan manusia dan jin

Ada yang menyebutkan bahwa Gunung Salak merupakan lokasi tempat pernikahan antara manusia dan jin.

0 komentar :

Posting Komentar